,,

Welcome and Enjoy,,, in My House (환영받는 ,hwanyeongbatneun)

Rabu, 17 November 2010

UJIAN AKHIR MANAJEMEN KEUANGAN 2


SOAL 1

A.Perusahaan multinasional adalah suatu perusahaan yang beroperasi secara terpadu dalam sejumlah negara.
Alasan perusahaan melakukan perluasan ke negara lain :
a.Mencari Pasar Baru,hal ini dikarenakan peluang pertumbuhan pasar luar negeri lebih baik
b.Mencari bahan baku,untuk menjamin akses ke sumber daya utama yang diperlukan untuk mempertahankan lini bisnis utama perusahaan
c.Mencari teknologi baru,untuk mendapatkan gagasan ilmiah dan rancangan utama,karena tidak ada satu negara pun yang memiliki keunggulan mutlak dalam teknologi
d.Mencari efisiensi produksi,hal ini dilakukan dengan cara memindahkan produksi di negara- negara yang berbiaya produksi tinggi ke negara yang berproduksi rendah.
e.Menghindari rintangan politik dan peraturan,hal ini biasanya terkait dengan kuota impor contohnya seperti mobil jepang yang saat ini memindahkan produksi ke A.S untuk mendapatkan kuota impor jepang ,penundaan lisensi dan peraturan pasar,contohnya seperti perusahaan obat A.S SmithKline dan perusahaan obat inggris Becham yang melakukan merger untuk menghadapi penundaan lisensi dan peraturan dalam pasar terbuka mereka yaitu Eropa Barat,dan Amerika Serikat.
f.Melakukan Diversifikasi,Diversifikasi geografis dapat berjalan dengan baik karena naik-turunnya perekonomian negara yang berbeda tidak terkolerasi secara sempurna.karena itu perusahaan yang membuka fasilitas produksi dan pasar di seluruh dunia,perusahaan dapat menangkal dampak tren prekonomian yang buruk di suatu negara.
B. Faktor yang membedakan perusahaan multinasional dan perusahaan domestik
1.Satuan mata uang yang berbeda,karena satuan mata uang yang berbeda maka arus kas dalam berbagai bagian sistem perusahaan multinasional akan dipecah menjadi satuan mata uang yang berbeda.Oleh karena itu kurs tukar,dan pengaruh nilai kurs yang berfluktuasi harus dimasukkan dalam semua analisis keuangan.
2.Percabangan ekonomi dan hukum,Perbedaan kelembagaan baik ekonomi dan hukum di antara negara-negara dapat menimbulkan masalah yang penting bila korporasi – koporasi mencoba mengordinasikan dan mengendalikan operasi seluruh dunia atas anak-anak perusahaannya.Perbedaan- perbedaan hukum dan peraturan ekonomi dapat membatasi fleksibilitas perusahaan multinasional untuk menggunakan sumber daya sebagaimana yang diinginkan,dan bahkan dapat membuat prosedur-prosedur menjadi ilegal,perbedaan ini juga mempersulit para eksekutif yang dilatih dalam satu negra untuk bekerja secara efektif di negara lain.
3.Perbedaan bahasa,kemampuan komunikasi sangat penting dalam semua transaksi perusahaan,insan bisnis dari eropa dan jepang biasanya lancar dalam beberapa bahasa termasuk bahasa inggris,sehingga mereka lebih mudah menyerbu pasar as,dibandingkan jika oran amerika menyerbu pasar mereka karena orang amerika umumnya hanya lancar berbahasa inggris .
4.Perbedaan Budaya,tradisi budaya yang unik setiap negara membentuk nilai-nilai dan mempengaruhi perilaku  bisnis dalam masyarakat tersebut,dan bagi perusahaan multinasional menentukan sasaran yang tepat bagi perusahaan,sikap terhadap pengambilan resiko,hubungan dengan karyawan,kemampuan untuk memotong operasi yang tidak menguntungkan berbeda dari satu negara ke negara lainnya.
5.Peranan pemerintah,untuk amerika serikat dan eropa barat syarat-syarat perdagangan ditetapkan oleh pelakunya pemerintah menetapkan aturan dasar tetapi peranannya sangat kecil,hal ini berbeda dengan sebagian besar dunia,seringkali syarat-syarat bersaing bagi perusahaan,tindakan yang harus diambil atau dihindarkan,dan syarat-syarat perdagangan tidak ditentukan oleh pasar,tetapi merupakan negosiasi antara pemerintah dan perusahaan multinasional.
6.Resiko politik,suatu negara bebas untuk menetapkan kendala-kendala terhadap transfer  sumber daya perushaan dan mengambilalih aktiva suatu peusahaan tanpa kompensasi hal ini merupakan resiko politik yang sebagian besar merupakan hal yang cenderung passti bukan variabel yang dapat diubah melalui negoisasi.
C.i kutipan langsung karena berdasarkan keterangan diatas dibutuhkan $ 0,0025 untuk mendapatkan 1 bath dan dibutuhkan $ 0.0045 untuk mendapatkan 1 rinngit hal ini menunjukkan kutipan langsung ( direct quotation )
ii.
Kutipan langsung
Dolar yang dibutuhkan untuk membeli satu unit mata uang asing
( 1 )
Kutipan tidak langsung
Jumlah unit mata uang asing per dolar  A.S
( 2 )
Bath

0,0025
400
Ringgit

0,0045
222,22
Berdasarkan kutipan tidak langsung di atas dibutuhkan 400 bath untuk mendapatkan 1 dolar sedangkan dibutuhkan 222,22 ringgit untuk mendapatkan 1 dolar.
iii.Kurs silang adalah kurs yang dihitung berdasarkan pada berbagai mata yang berkaitan dengan dolar A.S
perhitungan kurs silang :  ringgit
                                                dolar  
                                               bath
                                              dolar
                                    : ringgit     = 222,22 per $        = 0,55 ringgit per bath
                                              Bath           400 per $
SOAL 2
a. Opsi adalah kontrak atau perjanjian yang memberkan hak kepada para pemegangya untuk membeli atau menjual suatu aktiva dengan harga yang ditentukan terlebih dahulu dalam periode waktu tertentu.karakteristik opsi adalah produk derivatif yang melekat pada produk lain seperti saham ,diciptakan oleh bursa bukan oleh pemegang saham,
b.dampak hal-hal berikut terhadap nilai opsi beli
ü  harga saham masa berjalan ; semakin tinggi harga pasar saham berjalan dalam kaitannya dengan harga pengunaan  ( harga pasar > harga pengunaan ) maka harga opsi akan naik.
ü   harga pengunaan : semakin tinggi harga pengunaan semakin rendah harga opsi
                    ( harga pengunaan       ,harga opsi         )
ü  Jangka opsi sampai jatuh tempo : semakin panjang jangka opsi sampai jatuh tempo,maka semakin tinggi harga opsi.
ü  Suku bunga bebas resiko : semakin tinggi tingkat diskonto untuk mencari PV semakin rendah nilai opsi beli
( tingkat diskonto       ,harga opsi         )

ü  Variabilitas harga saham :  opsi yang sahamnya tidak stabil lebih bernilai dari opsi yang nilainya stabil ( semakin tidak stabil opsi suatu saham,maka harga opsi akan semakin naik ).

c.paparan ( exposure ) resiko keuangan :
·       Derivatif adalah sekuritas yang nilainya ditentukan oleh harga pasar atau suku bunga oleh sejumlah aktiva lainnya,derivatif meliputi opsi ,future dan swap.
·       Pasar future,suatu transaksi pembelian atau penjualan aktiva pada suatu tanggal tertentu di masa depan tetapi dengan harga yang ditetapkan sekarang,
·       Pembendungan adalah suatu transaksi yang menurunkan resiko.
·       Swap adalah suatu pertukaran kewajiban pembayaran kas.swap terjadi karena pihak-pihak yang terlibat memilih pembayaran kepada pihak lainnya.






SOAL 3
Pengaruh lease terhadap neraca
Sebelum penambahan aktiva
Sesudah penambahan aktiva
PT X
PT X,meminjam dan membeli
PT X,melease
Aktiva lancar
                   300    
Utang
                   400
Aktiva lancar
                   300           
Utang
                   500
Aktiva lancar
                   300    
Utang
                   400
Aktiva tetap
                   500
Ekuitas
                   400
Aktiva tetap
                   600
Ekuitas
                   400
Aktiva tetap
                   500
Ekuitas
                   400
Total         800
                  800           
Total         900
                  900           
Total         800
                  800           
Rasio utang                         50 %
Rasio utang                        55,6 %
Rasio utang                         50 %

i.rasio laverage perusahaan jika membeli peralatan adalah 55,6 % ( 500 / 900 )
ii. rasio laverage perusahaan jika me-lease peralatan adalah 50 % ( 400 / 800 )
iii.sebenarnya keputusan perusahaan untuk me-lease maupun meminjam kemudian membeli aktiva memliki tingkat resiko yang sama terhadap perusahaan ( FASB 13 ) hal ini dikarenakan kegagalan untuk membayar lease membuat perusahaan bangkrut sebagaimana kegagalan untuk memenuhi kewajiban pokok dan bunga dalam perjanjian kredit, jadi walaupun perusahaan melakukan lease ,hal itu  sebenarnya akan memperbesar rasio laverage ( rasio utang ) dan mengubah struktur modal yang sebenarnya,yang membuat perbedaan adalah dengan melakukan lease maka investor akan terkecoh apabila pengungkapan mengenai lease tidak disajikan,sehingga jika terjadi hal demikian perusahaan yang melakukan pinjaman dan membeli akan terkena resiko karena investor akan lebih mempercayai perusahaan yang melakukan lease karena rasio laverage (rasio utangnya lebih rendah).

SOAL 4
i.Apabila perusahaan telah setuju untuk melakukan merger sebaiknya pengambilalihan dilakukan dengan merger sukarela,karena biasanya pengunaan tender offer baru akan dilakukan apabila manajemen menolak untuk melakukan merger,sehingga perlu dilakukan penawaran terhadap para pemegang saham.
ii.
Merger keuangan
Merger operasional
Ø  Tidak beroperasi sebagai unit tunggal
Ø  Tidak diharapkan penghematan operasi
Ø  Operasi perushaan dipadukan
Ø  Diharpkan manfaat sinergistik dan penghematan operasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar