,,

Welcome and Enjoy,,, in My House (환영받는 ,hwanyeongbatneun)

Rabu, 17 November 2010


UJIAN TENGAH SEMESTER
SOSIOLOGI DAN POLITIK
DOSEN PENGAMPU : IBU PUJI LESTARI


1.Mengapa manusia dikatakan sebagai mahkluk individu,sosial,dan politik ?
Jawab:
a.Manusia dikatakan sebagai mahkluk individu karena manusia memiliki unsur jasmani dan rohani,unsur fisik dan psikis,unsur jiwa dan raga,dan seseorang dikatakan sebagai mahkluk individu apabila unsur-unsur tersebut menyatu dalam dirinya.
b Manusia dikatakan sebagai mahkluk sosial karena manusia adalah mahkluk bermasyarakat,selalu hidup bersama dengan manusia lainnya,selain itu terdapat dorongan dan kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain,dan potensi manusia d Manusia dikatakan sebagai mahkluk social apat berkembang apabila ia hidup di tengah-tengah masyarakat.
c. Manusia dikatakan sebagai mahkluk politik karena manusia tidak pernah dapat dipisahkan dari sikap dan fungsi politik sekecil apapun bentuknya,dimulai dari menentukan pilihan-pilihan dalam hidupnya,merupakan kegiatan politik yang sering dilakukan oleh manusia.
2.Jelaskan dan berikan contoh struktur sosial dan struktur fisik mempengaruhi kehidupan manusia dalam berpolitik ?
Struktur fisik dibagi menjadi 3 yaitu;iklim,sumber daya alam,dan ruang territorial.
a.iklim,menurut Aristoteles iklim yang dingin memungkinkan kebebasan dan iklim panas memungkinkan perbudakan.Sedangkan Montesqieu menyatakan bahwa panas yang tinggi melemahkan kekuatan dan keberanian manusia,sedangkan dalam iklin dingin terdapat kekuatan tubuh dan terdapat jiwa tertentu yang memungkinkan manusiamelakukan perbuatan-perbuatan yang langgeng,mengejutkan,besar dan berani.
Contoh; Pendapat ahli sejarah perancis yang menyatakan panas berpengaruh terhadap revolusi 1978 ( yang terjadi antara bulan mei-november ) tetapi factor iklim tidak bersifat mutlak.
b.Sumber daya alam,menurut teori psikologis kelimpahan sumber daya alam menjadi sumber kekuasaan,disini sumber daya alam menjadi alat perkembangan social dan politik akan tetapi di lain pihak kekayaan alam dapat melemahkan energy dan kehendak manusia yang bisa berbuntut pada stagnansi dan kemerosotan social dan politik.Montesqieu menganut pandangan yang ke dua,bahwa kesuburan dan kelimpahan kekayaan mendorong perbudakan sedangkan kekurangan sumber daya alam menjadi bebas terhadap hal ini karebna tidak ada yang dirampas akan tetapi di Negara miskin dengan tanah tandus membuat orang rajin,bijaksana,mau bekerja keras,dan cocok untuk berperang.
Contoh;Jepang menjadi bukti bahwa Negaranya yang miskin akan sumber daya menjadikan penduduk jepang rajin dan mau bekerja keras,dan melakukan peperangan untuk mendapatkan sumber daya yang dimiliki oleh Negara lain.
Akan tetapi teori modern melihat korelasi antara demokrasi dan pelanggaran ,kemiskinan menjadi faktor-faktor pengeras antagonisme konflik politik dan kemakmuran dilihat sebagaifaktor penekan konflik-konflik politik.Selain itu kemakmuran dapat meningkatkan dan memperluas kebebasan manusia dan masyarakat akan tetapi demi kelangsungan kemakmuran dan kesejahteraan itu juga sering terjadi pertikaian serat konflik politik antar satu Negara dengan Negara lain atau adanya pemborantakan di suatu Negara.
Contoh;Indonesia menjadi contoh riil dari kasus ini,pemberontakan yang terjadi di papua dan nanggroe aceh darusalam menjadi contoh bahwa Indonesia dianggap tidak memberikan perhatian,kesejahteraan dan kemakmuran bagi daerah tersebut.
c.Ruang territorial,adalah ruang dimana manusia melaksanakan berbagai aktivitas kehidupannya.
Contoh ; bukti bahwa ruang territorial mempenagaruhi kehidupan politik dapat dilihat dari mesir kuno,lembah nil yang terisolir dari gurun-gurun memberikan seting alami bagi perkembangan social dan politik.
Struktur social dibagi kedalam 3 ruang lingkup keterampilan teknologi,lembaga-lembaga social dan kebudayaan.
a.Keterampilan teknologi,(keterampilan dalam mengembangkan teknologi modern-canggih)dengan adanya kemajuan teknologi maka :
@ dapat mengurangi antagonisme social ,hal ini terjadi karena dengan adanya teknologi suatu masyrakat dapat memakmurkan hidup warga secara lebih merata dengan berkurangnya antagonism social stabilitas poltik pun diharapkan dapat berjalan langgeng.Contoh:tingkat criminal di negar-negara maju lebih renadah dibandingakan dengan Negara berkembang maupun terbelakang.
@pengembangan pemahaman manusia,terjadinya peningkatan taraf cultural manusia ,akan tetapi kemajuan teknologi juga memekanismekan masyarakat,banyak urusan public diperumit dan membutuhkan keahlian special sehingga partisipasi luas dari masyarakat berkurang namun kemajuan teknologi khususnya teknologi komunikasi dan informasi memperluas pentingnya demokrasi keseluruh dunia.
@peningkatan kekuasaan,kemajuan teknologi dapat meningkatkan kekuasaan politik Negara,dapat dilihat pada kemampuan pemerintah untuk memiliki peralatan-perlatan kekerasan ( berbagai jenis senjata) yang tak bisa ditandingi oleh warga Negara biasa.Di Negara-negara demokratis,peralatan tersebut dipakai untuk mengendalikan dan menghancurkan kaum oposisi,dalam hal ini kemajuan teknologi menjadikan Negara seperti sebuah mesin kekuasaan.Selain itu berkat teknologi kounikasi dan informasi,pemerintah dapat dengan mudah melakukan sentralisasi kebijakan politik.Contoh:Amerika Serikat dengan adanya kemajuan teknologi dan walaupun memiliki banyak Negara bagian tetapi dapat dengan cepat menyosialisasikan kebijakannya.
b.Lembaga social,lembaga social memberikan manusia status dan peranan social tertentu,dari setiap status social diharapakan peranan tertentu dari individu yang mendudukinya  dan status dapat menjadi factor integratif dalam rangka pembentukan kepribadian,dan masyarakat memegang peranan lebih dari actor social kearah kehidupan yang lebih baik dan ini juga terjadi di dunia  politik.
Contoh ;contoh dari lembaga social adalah lembaga politik melalui lembaga politik maka para masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan pendapatnya.
c.Kebudayaan
Ideologi dan mitos pada dasarnya memainkan peranan yang sama dalam kehidupan politik,karena dengan ideology dan mitos maka massa,rakaya dapat dengan mudah dimobilisasi,meskipun kerapkali bewrsifat kamuflase.
v  Contoh :Polandia,Hongaria,dan mantan Negara Yugoslavia di Negara tersebut liberalisasi lebih maju dari uni soviet namun perkembangannya ekonominya lebih lambat,hal ini dikarenakan  Polandia,Hongaria,dan mantan Negara Yugoslavia mempunyai tradisi panjang dalam pertarungan deni kemerdekaannya dan banyak pemimpin di Negara tersebut hasil didikan barat.
v  Di Skandinavia,kecenderungan liberal yang berkembang didaerah pedesaan berbeda dengan dikota-kota,perbedaan tersebut dilatarbelakangi perbedaaan adat-istiadat masyarakat perkotaan dan pedesaan.
v  Faktor cultural juga menentukan gaya suatu rezim dan kehidupan politiknya,contoh  system kekuasaan otoriter yang dipraktekkan penguasa orde baru selama 32 tahun dipengaruhi oleh budaya feudal-paternal.
3.Bagaimana keterkaitan antara sosialisasi politik dan partisipasi politik dalam kehidupan masyarakat ? Berikan contoh aplikasinya dalam kehidupan keluarga,masyarakat,berbangsa dan bernegara.
Jawab :
Dengan adanya sosialisasi politik memungkinkan terjadinya proses yang dapat melibatkan individu dalam suatu system politik akan tetapi tanapa partisipasi politik sosialisai poltik pun tidak dapat berjalan.
Contoh aplikasi :
·        Dalam keluarga : musyawarah  keluarga; pemasang  atribut  kenegaraan  pada hari  besar nasional; membaca  dan  mengikuti  berbagai berita  di media masa dan elektronik,mengenalkan presiden kepada anak,orang tua menagalihkan identifikasi pada partai mereka.
·        Dalam masyarakat :  sosialisasi pada warga agar mau berpartisipasi  dalam  forum warga; pemilihan ketua RT, RW, dsb.
·        Dalam berbangsa dan bernegara :  mengajak menggunakan hak  pilih dalam  pemilu;  menjadi  anggota  aktif  dalam  partai politik;  ikut aksi  unjuk  rasa  dengan  damai,  dan  sebagainya.
4.Sistem politik di Indonesia apakah semua komponennya sudah menjalankan fungsi dan tugasnya dengan baik ? Jelaskan dengan analisis.
Jawab
Komponen sistem politik di Indonesia terdiri  dari Infrastruktur politik ( struktur politik masyarakat atau sector politik masyarakat /rakyat)  dan Suprastruktur politik  (struktur politik pemerintah atau sector pemerintahan ).
Komponen infrastruktur politik :
A.Partai politik
sebagai lembaga pendidikan politik,wadah penyalur aspirasi,fungsi dari parpol sudah berjalan dengan cukup baik akan tetapi dalam hal penyeleksian kepemimpinan parpol mengalami kemunduran hal ini dapat dilihat dari pemilihan calan legislative bulan mei 2009 lalu yang maju sebagai calon legislative hanya yang mampu dari segi material maupun yang sudah memiliki popularitas walaupun popularitas itu diperoleh dari selebriti dalam hal ini parpol tidak percaya dalam kemampuannya sendiri dalam melahirkan pempimpin bangsa,sebagai penghubung komunikasi politik antara masyarakat dan pemerintah parpol sebagai wakil rakyat belum cukup mampu menyuarakan aspirasi rakyat hal ini dikarenakan parpol menyuaraka kepentingannya serndiri bukan kepentingan rakyat.
B.Alat komunikasi Politik
Alat komunikasi poltik yang dimaksud disini dapat berupa surat kabar,bulletin,radio,televise dan lain-lain,alat komunikasi berperan sebagai penyampai informasi,gagasan-gagasan,ideology akan tetapi untuk saat ini alat komunikasi tidak hanya menjalankan fungsi tersebut semata untuk saat ini alat komunikasi telah dapat menjadi control yang efektif terhadap jalannya pemerintahan,bahkan memberikan tekanan-tekanan terhadap kebijaka pemerintah dengan gencarnya pemberitaan dan menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum, dan Hak Asasi Manusia,
Mengembangkan pendpat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat, dan benar

C.Tokoh Politik
Tokoh politik di Indonesia antara lain Megawati,Amien Rais,Abdurahman Wahid, dalam system politik di Indonesia ketokohan memegang peranan yang sangat penting deangan adanya tokoh politik ini dapat menjadi penghubung komunikasi masyarakat dan pemerintah serta mengkritisi jalannya pemerintahan.
D.Golongan Kepentingan
Golongan kepentingan dibedakan menjadi 4,Interest group asosiasi ( NU,Muhammadiyah ) Interest group Institusional (example IDI,PGRI ) , Interest group non asosiasi, Interest group yang anomik ( KAMMI,Golput,Mahasiswa Mengugat ) dalam hal fungsi dari Infrastruktur politik dalam politik sebenarnya golongan kepentingana telah berjalan denagan cukup baik golongan kepentingan telah dilibatkan dalam jalannya pemerintahan contoh dari jenis Interest group asosiasi NU telah mendirikan Partai Kebangkitan Bangsa yang menjadi partai bebrbasiskan NU yang meloloskan beberapa wakilnya ke DPR bahkan beberapa kadernya menjadi menteri,sedangkan untuk Interest group Institusional (example IDI,PGRI) lebih banyak dilibatkan pemerintah dalam bidang professional baik bidang pendidikan dan kesehatan,dan untuk Interest group yang anomik ( KAMMI,Golput,Mahasiswa Mengugat ) saat ini semakin banyak jumlahnya merekalah yang sering turun kejalan untuk mengkritisi segala kebijakan yang dirasa tidak pro kepada rakyat.
KESIMPULAN ANALISIS INFRASTRUKTUR POLITIK:
Infrasturktur politik sebagai struktur politik masyarakat atau sector politik masyarakat /rakyat memegang peranan yang sangat penting sebagai media patner pemerintah dalam kehidupan berpolitik baik dalam control atas segala kebijakan pemerintah,penyalur interaksi masyarakat dan pemerintah dan juga memabnatu melahirkan pemimpin pemimpin bangsa kedepan akan tetapi dalam menyampaikan aspirasi terhadap pemerintah disalurkan tidak denagan anarkis yang pada akhirnya malah akan merusak nilai dari politik demokrasi itui sendiri.
Komponen Suprastruktur politik
A.Lembaga konstitutif  ( Majelis Permusyawaratan Rakyat )
adalah lembaga yang memiliki kewenangan untuk mengganti, menambah, mengurangi, membuat dan mengahapus sebagian maupun seluruh isi atau materi yang ada di dalam Konstitusi suatu negara.Tugas dari lembaga MPR sudah berjalan dengan cukup baik.
B.Eksekutif
B.1 Presiden
Membuat perjanjian yang menyangkut hajat hidup orang banyak, mempengaruhi beban keuangan negara dan atau mengharuskan Mangangkat duta dan konsul untuk negara lain dengan pertimbangan DPR.Memegang kekuasaan tertinggi atas AU / Angkatan Udara, AD / Angkatan Darat dan AL / Angkatan Laut,Membahas rancangan Undang-Undang untuk mendapatkan persetujuan dari DPR,Mengesahkan RUU / Rancangan Undang-Undang yang disetujuai bersama-sama DPR agar dapat menjadi Undang-Undang secara penuh,Mengajukan Rangcangan UU / Undang-Undang APBN untuk dibahas bersama DPR agar bisa menjadi Undang-Undang,Menetapkan Peraturan Pemerintah Sebagai Pengganti Undang-Undang / Perpu dalam keadaan yang genting dan memaksa sedangkan tugas utama wakil presiden adalah membantu presiden.Sebenarnya ada banyak tugas dan fungsi dari presiden dan wakil presiden tetapi yang dijelaskan diatas hanya sebagian kecil untuk saat ini tugas dabn fungsi yang dijalankan oleh presiden awkil presiden sudah cukup baik akan tetapi kedepan diharapkan kedepan segala kebijakan yang diambil oleh presiden tidak mendapatkan intervensi dari pihak manapun maupun dari partai yang mencalonkannya.Selain itu masih terdapat beberapa kebijakan pemerintah yang tidak menguntungkan rakyat,sehingga kedepan diharapkan Eksekutif membuat kebijakan yang pro rakyat.
B.2 Wakil Presiden
Tugas dari seorang wakil presiden adalah membant seorang wakil presiden dan menggantikan tugasnya jika Presiden berhalangan.
C.Legislatif
C.1. Dewan Perwakilan Rakyat
1.      Membentuk Undang-Undang yang dibahas dengan Presiden untuk mendapat persetujuan bersama
  1. Membahas dan memberikan persetujuan Peraturan Pemerinath Pengganti Undang-Undang
  2. Menerima dan membahas usulan RUU yang diajukan DPD yang berkaitan dengan bidang tertentu dan mengikutsertakannya dalam pembahasan
  3. Menetapkan APBN bersama Presiden dengan memperhatikan pertimbangan DPD
  4. Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan UU, APBN, serta kebijakan pemerintah
  5. Menyerap, menghimpun, menampung dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat
  6. Memperhatikan pertimbangan DPD atas rancangan undang-undang APBN dan rancangan undang-undang yang berkaitan dengan pajak, pendidikan, dan agama;
  7. Membahas dan menindaklanjuti hasil pengawasan yang diajukan oleh DPD terhadap pelaksanaan undang-undang mengenai otonomi daerah, pembentukan, pemekaran dan penggabungan daerah, hubungan pusat dan daerah, sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya, pelaksanaan APBN, pajak, pendidikan, dan agama;
Dari beberapa tugas diatas tugas DPR adalah mewakili rakyat dalam penagmbilan keputusan yang berpihak kepada rakyat akan tetapi dirasa masih banyak keputusan-keputusan DPR yang merugikan rakyat sebagai lembaga control Eksekutif pun seakan-akan DPR belum berpihak hal ini terbukti dari banyaknya keputusan eksekutif yanf merugikan rakyat yang disetujui DPR walaupun DPR tidak menyetujuinya seolah-olah hanya untuk menarik masyarakat.
C.2 Dewan Perwakilan Daerah
1.      Mengajukan kepada DPR Rancangan Undang-Undang yang berkaitan dengan otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan dan pemekaran, dan penggabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam, dan sumber daya ekonomi lainnya serta yang berkaitan dengan perimbangan keuangan pusat dan daerah. DPR kemudian mengundang DPD untuk membahas RUU tersebut.
2.      Memberikan pertimbangan kepada DPR atas RUU APBN dan RUU yang berkaitan dengan pajak, pendidikan, dan agama.
3.      Melakukan pengawasan atas pelaksanaan undang-undang mengenai otonomi daerah, pembentukan, pemekaran, dan penggabungan daerah, hubungan pusat dan daerah, pengelolaan sumber daya alam, dan sumber daya ekonomi lainnya, pelaksanaan APBN, pajak, pendidikan, dan agama.
Tugas pokok dari DPD adalah mewakili masyarakat yang diwakilinya dalam menjalankan tugasnya alangkah lebih baiknya kalau anggota DPD mau turun langsung kelapangan.
D.Yudikatif
D.1 Mahkamah Agung
1.      Berwenang mengadili pada tingkat kasasi, menguji peraturan perundang-undangan di bawah Undang-Undang, dan mempunyai wewenang lainnya yang diberikan oleh Undang-Undang
2.      Mengajukan 3 orang anggota Hakim Konstitusi
3.      Memberikan pertimbangan dalam hal Presiden member grasi dan rehabilitasi
D.2 Mahkamah Konstitusi
1.      Berwenang mengadili pada tingkat pertama dan terakhir yang putusannya bersifat final untuk menguji Undang-Undang terhadap Undang-Undang Dasar, memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh UUD 1945, memutus pembubaran partai politik, dan memutus perselisihan tentang hasil Pemilihan Umum
2.      Wajib memberi putusan atas pendapat Dewan Perwakilan Rakyat mengenai dugaan pelanggaran oleh Presiden dan/atau Wakil Presiden menurut UUD 1945.
Fungsi dari Mahkamah Konstitusi sebenarnya baik untuk menguji Undang-Undang akan tetapi lebih baiknya dalam memutuskan perkara Mahkamah Konstitusi tidak melakukan hal tumpang tindih misal ada beberapa undang-undang yang saling bertindihan Undang-Undang Pornogarpi dan Pornoaksi,Undang-Undang Penyiaran sebaiknya sebelum suatu Undang-Undang dibuat menjadi ketetapan akan lebih baiknya suatu undang-undang mengalami cek dan ricek antar lembaga sehingga tidak adanya perbaikan berulang-ulang yang seakan menunjukkan lemahnya proses pembuatan undang-undang
Komisi Yudisial adalah lembaga negara yang dibentuk berdasarkan UU no 22 tahun 2004 yang berfungsi mengawasi perilaku hakim dan mengusulkan nama calon hakim agung.
Hendaknya dalam mengusulkan nama calon hakim agung Komisi Yudisial harus bisa mengusulkan pihak yang berkompeten dan “bersih” dari mafia peradilan.
KESIMPULAN ANALISIS SUPRASTRUKTUR POLITIK  :
Dari berbagai komponen Suprastruktur politik sebenarnya sudah berjalan dengan cukup baik akan tetapi masih banyak kekuranagan dalam pelaksanaanya antara lain  lemahnya kordinasi antar kelembagaan,beberapa kebijakan eksekutif yang diras kurang memihak kepada rakyat,kuranh kontrolnya lembaga DPR atas lembga eksekutif dan cenderung mementingkan kepentingan golongan,hingga pembuatan Undang-Undang yang dirasa masih lemah.
KESIMPULAN UTAMA;
Suatu komponen politik disuatu negara dapat berjalan denagan baik apabila semua komponen yang berjalan didalamnya menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik suprastruktur polik sebagai struktur pemerintahan melakukan kordinasi sehingga pada akhirnya dapat menghasilkan sinergi yang baik dab infrastruktur menjalankan fungsinya sebagai control atas jalannya pemerintan dan penyalur media komunikasi yang baik antara pemerintahan dan rakyat,dan dari penjabaran diatas dapat diketahui bahwa komponen politik di Indonesia sudah dapat diperbaiki walaupun masih terdapat kekurangan yang segera perlu diperbaiki.

5.Manfaat apa yang anda dapatkan dengan kajian sosiologi dan politik dengan bidang studi anda.
Jawab :
Dalam  kaitannya dengan bidang sosiologi :dengan mempelajari bidang sosiologi saya belajar melihat manusia dari segi ekonomi seperti bagaimana manusia bekerja dan bagaimana tugas-tugas mereka serta bagaimana distibusi baran-barang ekonomi mempenagruhi kehidupan mereka.
Dalam  kaitannya dengan bidang politik :dengan mempelajari politik saya mempelajari tentang permasalahan-permasalahan manusia cara penyelesaiannya dan cara mempengaruhi manusia,dan dalam hal ini politik sangat erat kaitannya dengan ilmu ekonomi,manusia sebagai mahkluk ekonomi juga harus menentukan pilihan dalam kehidupannya,jadi dengan belajar poltik saya mendapatkan manfaat tentang cara melakukan pilihan,dan pencapaina tujuan.
Akan tetapi sebagai suatu kesatuan yaitu kajian sosiologi dan politik,yang mengkaji hubungan  masalah politik dan masyarakat,struktur sosial dan politik,tingkah laku sosial dan politik pun memberikan manfaat dalam bidang studi saya hal pokok yang saya dapat dari mempelajari bidang studi ini adalah penentuan suatu tujuan untuk mencapainya tak’kan pernah terlepas dari kondisi sosial masyarakat,tingkah laku sosial dan hal ini tidak berbeda dengan bidang ekonomi dimana dalam melakukan pilihan manusia tak’kan pernah terlepas dari keadaan ekonomi,dan untuk pencapaian tujuan diperlukan suatu pilihan dan kegiatan-kegiatan lain yang pada akhirnya manusia dapat mencapai tujuan tersebut.

DAFTAR PUSTAKA

Maran,Rafael Marga.Pengantar sosiologi dan politik.Rineka Cipta
Santoso,Joko budi.(2007).Kewarganegaraan untuk SMK kelas X.Ghalia Indonesia Printing
http:www.jurnalpatriot.com/artikel/39-umum/50-menuju-manusia-paripurna-sebuah-perjuangan.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar